Monday, May 11, 2015

MANFAAT IKAN LELE BAGI KESEHATAN TUBUH.

Jika kita membahas lele mungikn dari kita ada yang meremehkan ikan ini, ikan yang sering kita jumpai di pinggir jalan ketika hari mulai senja dan berharga sangatlah murah ini,  ternyata memiliki kandungan nutris dan vitaman yang sangat baik! bahkan tidak kalah dengan kandungan yang terdapat pada ikan laut seperti tuna dan tongkol.

Ikan yang hidup di air tawar ini sering dianggap makanan kalangan bawah tapi jangan salah ikan ini ternyata juga memiliki kandungan yang sangat penting bagi tubuh kita seperti omega 3, omega 6, fosfor dan protein. bahkan dari sebuah blog yang pernah saya baca kandungan omega 3 dan protein ikan lele hampir sama seperti kandungan pada ikan tuna, jadi bagi ibu-ibu yang lagi hamil saya sarankan untuk mengkonsumsi ikan ini karena selain harganya murah, kaya akan manfaat dan pasti sangatlah mudah di dapatkan tentunya kaya akan nutrisi yang baik untuk perkembangan janin.

MANFAAT IKAN LELE BAGI KESEHATAN TUBUH.
Berikut saya akan memebeberkan beberapa manfaat ikan lele bagi kesehatan tubuh kita:

1. Menyehatkan Jantung.

Seperti halnya ikan tuna, lele juga mengandung omega 3 yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan dapat membantu mengeluarkan kolesterol dalam tubuh kita.

2. Mencerdaskan Otak.

Bagi ibu-ibu yang mungkin tidak mampu untuk membeli ikan-ikan mahal untuk anaknya jangan khawatir karena ternyata lele sudah memiliki cukup nutrisi untuk mencerdaskan otak anak ibu-ibu sakalian, ikan lele memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 yang sangat tinggi dan dapat membantu dalam perkembangan otak anak.

3. Menyehatkan tulang.

Lele adalah ikan air tawar pada umumnya ikan air tawar memiliki kandungan fosfor yang sangat tinggi bahkan lebih tinggi dari pada telur ayam. Fosfor sangatlah penting dalam menjaga kesehatn tulang dan gigi. Pasalnya kekurangan fosfor dalam tubuh bisa mengakibatkan kerusakan tulang baik itu keropos ataupun kelumpuhan untuk efek jangka panjang.

4. Membantu pertumbuhan tulang anak.

Ikan lele tidak hanya bisa menguatkan tulang bahkan bisa memaksimalkan pertumbuhanya, ini di karenakan ikan lele merupakan sumber asam amino alami. Asam amino berfungsi dalam penyerapan kalsium dalam tubuh, kekurangan asam amino dalam tubuh dapat mengakibatkan pertumbuhan tulang menjadi kurang maksimal.

Selain murah dan mudah di dapat lele juga ikan yang kaya akan manfaat. Ini sebabnya sudah seharusnya kita melek akan manfaat yang terkandung dalam ikan ini dan menjadikan ikan ini santapan sehari-hari.

1 comment:

  1. Walau ada banyak omega 3 pada ikan lele tetap kita mesti pilih2. Karena lele sanggup memakan kotoran dan hidup di lingkungan yang ga bersih.

    ReplyDelete