Monday, May 11, 2015

KANDUNGAN DAN MANFAAT IKAN TUNA BAGI KESEHATAN MANUSIA.


Ikan tuna adalah salah satu ikan laut yang paling sering kita jumpai di dapur-dapur rumah dan restoran-restoran di mewah pinggir jalan. Ikan yang biasanya hidup di laut ini adalah ikan yang memiliki cita rasa yang cukup enak dan empuk. Pengolahannya yang mudah serta kandungan gizinya yang lengkap membuat ikan ini manjadi ikan yang sangat di sukai baik kalangan orang dewasa ataupun anak-anak. Meski begitu ikan ini tergolong ikan yang cukup mahal tidak seperti jenis ikan laut lainnya seperti tongkol dan cakalang.

KANDUNGAN DAN MANFAAT  IKAN TUNA BAGI KESEHATAN MANUSIA.


Ikan tuna sekarang ini masih di dapatkan dengan cara menangkap di laut bebas karena ikan ini masih belum bisa di budidayakan, dan jikapun bisa di budidayakan tentunya tidak akan seenak dan sebesar ikan tuna yang di dapatkan di laut bebas. Ikan tuna ada beberapa jenis antara lain yellowfish (Thunnus albacores), albakora (Thunus alalunga),mata besar (Thunus obesus) dan abu-abu (Thunus tonggol).

Kandungan Gizi.

Ikan tuna sangatlah terkenal terutama di daerah maju asia seperti jepang dan korea, bahkan di jepang hampir setiap pagi ibu hamil wajib makan ikan tuna mentah! Padahal ikan tuna di jepang sangatlah mahal, hal ini di karenakan orang jepang menyakini bahwa omega 3 yang terkandung dalam ikan tuna bisa membuat otak calon anak mereka cerdas. Jepang juga menjadi negara penngkonsumsi ikan tuna terbesar di dunia! Menurut sebuah situs survei cina, negara jepang mengkonsumsi setidaknya 40 ton ikan tuna tiap tahunnya, pantesa aja orang jepang pandai-pandai.

Selain kaya akan omega 3, ikan tuna juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi bahkan lebih tinggi dari telur ayam. Jika pada 100 gram telur mengandung 13 gram protein maka di 100 gram ikan tuna mengandung setidkanya 22.05-27.0 gram protein.

Ikan tuna memang sangat bergizi selain memiliki kandungan omega 3 dan protein yang baik serta rendah akan lemak, ikan tuna juga merupakan sumber niacin, selenium dan tritofan yang sangat baik. Ikan tuna juga memiliki kandungan fosfor, kalium, magnesium, tiamin, Vitamin B6 dan asam lemak.

Manfaat ikan tuna

1. Baik untuk jantung.

Ikan tuna memiliki kandungan omega 3 yang berfungsi untuk menyingkirkan kandungan HDL atau kolesterol pada tubuh manusia, mencegah terjadinya pembekuan darah serta menjaga ritme denyut jantung.

2. Mencegah kanker payudara.

Kadnungan omega tiga dalam ikan tuna berfungsi untuk menghambat pertumbuhan enzim prionflammaytory, enzim ini berperan dalam pertumbuhan kenker payudara. Dengan mengkonsumsi ikan tuna maka kita bisa mencegah terjadinya kanker payudara.

3. Mencegah Stroke.

Degan rutin mengkonsimsi ikan tuna maka kita sudah bisa mencegah penyakit stroke, ini di sebabkan karena ikan tuna mengandung omega 3 yang bisa menghambat pembekuan dalam darah.

4. Mencegah Obesitas.

Ikan tuna mengandung EPA yang dapat membantu mencegah obesitas. EPA dapat membantu stimulasi hormone leptin yang berfungsi untuk mengurangi nafsu makan berlebih pada diri kita.

5. baik untuk kesehatan mata.

Kandungan omega 3 pada ikan tuna juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada mata.

No comments:

Post a Comment